Menghidupkan Ibadah Sunnah

Dalil Alquran dan hadis tentang pentingnya ihyaa-us sunnah (menghidupkan ibadah sunnah)

I. Alquran
Firman Allah SWT dalam surat Al Isra (17) ayat 79 yang artinya, ''Dan pada sebagian malam hari bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.''

2. Firman Allah SWT dalam surat As-Sajdah (32) ayat 15-17 yang artinya, ''Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabb-nya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan rezeki yang kami berikan. Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang, sebagai balasan bagi mereka atas apa yang mereka kerjakan.''

3. Firman Allah SWT dalam surat al Hasyr (59) ayat 7 yang artinya, ''...Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.''

II. Hadis
1. Rasulullah SAW bersabda, ''Waktu paling dekat antara Rabb dan seorang hamba adalah pada sepertiga malam terakhir. Jika kamu bisa menjadi orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka lakukanlah.'' (Hadis riwayat Tirmidzi).

2. Rasulullah SAW bersabda, ''Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat pada tengah malam.'' (Hadis riwayat Muslim).

3. Rasulullah SAW bersabda, ''Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan ke masjid dalam kegelapan dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.'' (Hadis riwayat Abu Dawud).

4. Dari Abdullah Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ''Shalat berjamaah itu lebih utama dua puluh tujuh derajat dari pada shalat sendirian.'' (Hadis riwayat Muttafaqun 'Alaih).

5. Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ''Ada seorang laki-laki buta menghadap Rasulullah saw dan berkata, ''Ya Rasulullah, sungguh aku ini tidak mempunyai seorang penuntun yang menuntunku ke masjid. Maka beliau memberi keringanan padanya. Ketika ia berpaling pulang beliau memanggil dan bertanya, ''Apakah engkau mendengar adzan untuk shalat? Ia menjawab, ''Ya. Beliau bersabda, ''Kalau begitu, datanglah.'' (Hadis riwayat Muslim).

6. Dari Abu Ayyub al-Anshary ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ''Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan berpuasa enam hari pada bulan Syawwal, maka ia seperti berpuasa setahun.'' (Hadis riwayat Muslim).

7. Dari Abu Said al-Khudry RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Siapa saja orang Islam yang memberi pakaian orang Islam yang tidak memiliki pakaian, niscara Allah akan memberinya pakaian dari hijaunya surga; dan siapa saja orang Islam yang memberi makan orang Islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makan dari buah-buahan surga; dan siapa saja orang Islam yang memberi minum orang Islam yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman dari minuman suci yang tertutup.'' (Hadis riwayat Abu Dawud).

8. Dari Nawwas bin Sam'an bahwa Nabi SAW bersabda, ''Allah Azza Wa Jalla berfirman, ''Wahai anak Adam, jangan engkau tinggalkan empat rakaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu di sore hari.'' (Hadis riwayat Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Nasa'i dari Nu'aim Al Ghatfani dengan sanad yang baik).

0 Response to "Menghidupkan Ibadah Sunnah"

Post a Comment

Powered by Blogger